SMART SYSTEM ACADEMY

PPTIK-ITB

INFORMASI LENGKAP WORKSHOP

PENGANTAR IOT

Workshop IoT (Internet of Things) untuk website adalah suatu acara pelatihan atau kegiatan interaktif yang bertujuan untuk memberikan


pemahaman dan keterampilan kepada peserta mengenai penerapan IoT dalam pengembangan website.

IoT merujuk pada jaringan perangkat fisik yang terhubung dan dapat saling berkomunikasi melalui internet, yang mencakup berbagai jenis perangkat seperti sensor, perangkat mobile, kendaraan, dan banyak lagi.

Dalam workshop ini, peserta akan belajar tentang konsep dasar IoT dan bagaimana memanfaatkannya dalam pengembangan website. Berikut adalah beberapa topik yang mungkin akan dibahas dalam workshop IoT untuk website:

  1. Pengantar IoT: Peserta akan diperkenalkan dengan konsep dasar IoT, termasuk definisi, manfaat, dan potensi yang dapat diwujudkan melalui penggunaan IoT dalam website.
  2. Komponen IoT: Peserta akan mempelajari komponen-komponen yang umum digunakan dalam jaringan IoT, seperti sensor, mikrokontroler, perangkat mobile, gateway, dan infrastruktur jaringan.
  3. Protokol Komunikasi: Peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang protokol komunikasi yang digunakan dalam jaringan IoT, seperti MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) atau HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  4. Pengumpulan dan Analisis Data: Workshop akan membahas cara mengumpulkan data dari perangkat IoT dan mengintegrasikannya dengan website. Peserta akan mempelajari metode pengumpulan data yang efektif dan kemudian menganalisis data tersebut untuk mendapatkan informasi yang berarti.
  5. Integrasi IoT dengan Website: Peserta akan belajar cara mengintegrasikan perangkat IoT dengan website menggunakan API (Application Programming Interface) atau platform khusus seperti Firebase atau AWS IoT Core. Mereka akan mempelajari cara mengirim dan menerima data dari perangkat IoT ke website dan sebaliknya.
  6. Keamanan IoT: Workshop akan mengulas pentingnya keamanan dalam lingkungan IoT dan bagaimana menerapkan praktik keamanan yang tepat dalam pengembangan website yang melibatkan perangkat IoT.
  7. Studi Kasus dan Praktik: Peserta akan terlibat dalam studi kasus atau latihan praktis untuk mengimplementasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam pengembangan website dengan fitur IoT.
Apa yang akan kamu dapat?

©2024.Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi. All Rights Reserved.